Cello Audio

 

 

Amplifier External (tambahan) vs Internal Head Unit

Power amp tambahan (external) dan power amp bawaan (internal) head unit

Pada suatu sistem audio mobil biasanya terdapat power amplifier tambahan dimana power amp ini berfungsi sebagai penguat daya untuk menggerakkan speaker pada sistem audio mobil (pemasangannya setelah head unit dan sebelum speaker sistem). Power amp itu sendiri dibangun dari berbagai macam komponen elektronika dan terhubung satu sama lain serta mempunyai fungsinya sendiri sendiri. Kualitas komponen elektronika yang digunakan pada sebuah power amp sangat mempengaruhi kinerja dan kualitas dari power amp tersebut. Desain dari sebuah power amp juga mempengaruhi kualitas power amp tersebut dan juga kabel interconnect (RCA) antara head unit dan power amp tersebut juga mempengaruhi hasil suaranya.

Didalam sebuah sistem audio mobil bila kita menginginkan hasil suara optimal pastinya membutuhkan sebuah power amp yang memiliki kinerja yang cukup bagus akan tetapi sebuah power amp tersebut pada umumnya bisa kita dapatkan dengan harga yang yang tidak murah paling tidak dengan harga berkisar diatas 1 juta rupiah / USD 100. Power amp yang ada dipasaran dengan harga dibawah itu pada umumnya menggunakan komponen eletronik yang dibawah standart dan menghasilkan suara yang kasar/terdistorsi belum lagi bila kita memakai sebuah kabel interconnect yang memiliki kualitas kurang baik maka audio mobil sistem tersebut akan menghasilkan suara yang lebih buruk lagi.

Solusi dari pemasalahan diatas bila dana kita terbatas adalah dengan menggunakan power amp bawaan head unit. 

Pada sebuah head unit pada umumnya sudah memiliki sebuah power amp yang terintegrasi dengan head unit tersebut (menggunakan sebuah IC power amp). Memang daya output yang dikeluarkan tidak besar, hanya berkisar di 50 watt max/10 watt rms akan tetapi kekurangan tersebut bisa ditanggulangi dengan pemilihan sebuah speaker sistem yang high efisiensi / SPL sensitivity yang tinggi minimal yang memiliki sensitivty 90 db atau lebih sehingga dengan daya yang kecil sudah mencapai level suara yang cukup untuk level pendengaran normal telinga manusia.

IC power amp itu sendiri semestinya sama dengan sebuah power amp luar tetapi dibangun dari komponen elektronika miniatur dan dirakit dalam satu bidang kecil dan dikemas menjadi satu keping kecil. Didalam sebuah IC setiap komponen elektronika dibuat dalam ukuran yang sangat mini dan terhubung dengan sangat berdekatan jadi mengenai kerugian kapasitas liar dan induktansi penghantar lebih minim dan serta kestabilan akan suhu lebih baik karena dirakit dalam satu bidang yang kecil dan diatas logam pendingin sehingga suhu kerja setiap komponen lebih rata

Gambar contoh bentuk sebuah IC power amp



Gambar contoh sebuah power amplifier 


Pada sebuah power tambahan (external) seperti contoh gambar diatas bisa kita lihat terdiri dari bermacam macam komponen elektronika seperti kapasitor, resistor, transistor, mosfet dan lain lain yang dirakit dalam sebuah PCB (printed circuit board) dimana pada PCB tersebut terdapat jalur jalur dari tembaga yang menghubungkan setiap komponen elektronika tersebut yang berukuran normal. 

Sebelum kita bahas lebih jauh saya ingin memberikan sedikit mengenai penghantar. 

Setiap penghantar / induktor pasti terdapat nilai induktansi dan itu berbanding lurus dengan panjangnya. Setiap ada dua penghantar yang sejajar dan diantara dua konduktor tersebut terdapat isolator maka akan terdapat nilai kapasitas liar. Faktor tersebut diatas sangat mempengaruhi kualitas sebuah power amp makanya dibutuhkan suatu design circuit yang baik agar mengurangi masalah diatas juga bahan dari pcb (printed circuit board) yang baik. 

Kita bisa melihat gambar diatas bahwa sebuah power amp tambahan dibangun dari komponen yang berukuran normal sehingga kita bisa lebih bebas menentukan jenis komponen dan kualitasnya serta daya keluaran yang kita inginkan. 

Power amp bawaan (internal) head unit 
Keuntungan :
- Lebih efisien mengenai dana
- Konsumsi daya listrik jauh lebih kecil dari power amp tambahan 
- Degradasi dari kulitas komponen yang dipakai jauh lebih minim
- Dibandingkan power amp tambahan yang seharga dibawah 1 juta (terlalu murah) kesan suara lebih halus/distorsi lebih kecil 

Kekurangan :
- Daya yang tersedia minim (sekitar 50 watt max/10 watt rms)
- Suara akan berkesan kurang bertenaga bila kita memakai speaker sistem yang low sensitivity 

Power amp tambahan (external)
Keuntungan :
- Kita bisa menentukan daya dan kualitas yang kita inginkan
- Suara akan lebih bertenaga dan terkontrol (kalau power amp tersebut bekualitas bagus)

Kekurangan :
- Dana pasti lebih besar
- Terdapat degradasi suara di kabel interconnect bila memakai yang berkualitas buruk
- Bila power amp tersebut tidak berkulitas baik maka akan menghasilkan suara yang kasar/tersdistorsi
- Daya listrik yang dibutuhkan juga besar

Kesimpulan
- Bila kita memiliki dana yang cukup banyak sebaiknya menggunakan power amp tambahan beserta kabel kabel interconnect yang bagus
- Bila kita tidak memiliki dana yang cukup banyak maka kita bisa menggunakan power amp bawaan head unit itu sendiri dan memakai sistem speaker yang high sensitivity (90db ke atas) daripada kita memakai power amp yang berkulitas rendah 

By : Satrijo Widjajakusuma 

 

 

 

Copyright © 2014 by Cello Audio.